http://epochtimes.co.id/nasional.php?id=57&page=0

LILY LUMBA-LUMBA SEDANG HAMIL
Oleh: Sunardi -Jakarta
03 Oktober 2008

undefined

Lily salah satu penghuni GSA yang saat ini sedang hamil, menjadi pusat perhatian pengunjung.

(Epochtimes.co.id)

Masa liburan lebaran selama 1 minggu dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk bertamasya di berbagai tempat. Salah satu lokasi unik yang menjadi pilihan adalah akuarium Fantasea Dolphin. Akuarium lumba-lumba terbesar dan satu-satunya di Indonesia ini kebetulan kini memiliki penghuni lumba-lumba yang sedang hamil.

Bertempat di Akuarium Fantasea Dolphin, Gelanggang Samudera Ancol (GSA), Jakarta. Lily, salah seekor lumba-lumba hidung botol (Indo Pacific bottlenose Dolphin – Tursiops Aduncus) penghuni akuarium yang berusia sekitar 17 tahun tersebut diperkirakan sedang hamil.

Tanda-tanda kehamilan Lily dapat dilihat dari bentuk fisik maupun hasil dari tes analisa laboratorium.  Pada bentuk fisik, adanya kehamilan dapat dilihat dari pembesaran pada bagian perut dan gerakan renang yang tidak selincah saat tidak hamil.

Sedangkan pada hasil uji laboratorium, terlihat adanya peningkatan kadar hormon progesteron yang biasa ditemukan pada  lumba-lumba yang sedang hamil.
Seperti penjelasan oleh Yus Anggoro Saputra  salah satu dari Tim Dokter Hewan GSA, “Apabila mengalami kehamilan, biasanya hormon progesterone akan naik dan kemudian bertahan untuk menjaga kehamilan itu. Jadi kita sudah mengambil darah tiga kali, dan kesemuanya berada pada posisi atas terus (hormon progesterone). Kemarin itu 38, 37, yang terakhir 55.”

Berbeda dengan lumba-lumba yang ada di alam liar, Lily terkesan tidak terlalu sensitif akan kehadiran manusia di sekitarnya. Hal ini tentu saja dapat terjadi karena Lily adalah lumba-lumba yang lahir di GSA, yang sejak kecil sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Keadaan tersebut juga mempermudah tim dokter hewan GSA untuk melakukan pemeriksaan dan memantau kondisi Lily dari hari ke hari.

“Dari dulu kan dia sudah ada di sini, dia sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia. Jadi kalau ketemu manusia dia bukan takut atau stress. Ini karena dia sudah terbiasa dengan manusia, jadi tidak ada masalah.” Kata drh. Yus.

Tim dokter hewan GSA memperkirakan usia kehamilan Lily sudah menginjak usia 6 bulan sehingga diperkirakan pada awal tahun depan Lily akan melahirkan. Keberadaan Lily ini menjadi daya tarik sendiri disamping atraksi lumba-lumba di GSA. Sejumlah informasi mengenai lumba-lumba sengaja ditampilkan untuk mempelajari aspek biologi dan mengenal lebih dekat sosok mamalia laut ini.

Restuning Dyah Widyanti – Kepala Pendidikan dan Acara GSA mengatakan, “Kami ingin memberikan pesan-pesan konservatif namun dikemas secara fun dan ringan. Sehingga ada sisi edukasi yang di-dapat, misalnya masyarakat jadi tahu bagaimana dikala lumba-lumba sedang hamil. Semua kita tampilkan lewat akuarium ini.”

Evi salah seorang pengunjung Gelanggang Samudra Ancol mengatakan, “Ya karena di sini tempatnya menyenangkan, juga menjadi tempat untuk belajar bagi saya dan adik.”
(Sunardi – NTD Jakarta)

Advertisements